Magister Manajemen Pendidikan Islam

Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Islam Balitar adalah salah satu program studi pada jenjang Pascasarjana yang bertujuan mencetak lulusan yang kompeten dalam mengelola suatu lembaga pendidikan berbasis syari’at agama Islam yang menghasilkan anak didik yang memiliki standar moral yang tinggi, cerdas dan inovatif dalam menyongsong perkembangan zaman ke depan.

Kompetensi yang ingin dihasilkan dari lulusan Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Balitar adalah Pertama, kompetensi pedagogik mencakup pemahaman mendalam tentang karakteristik peserta didik, teori pembelajaran agama Islam, pengembangan kurikulum, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, evaluasi pembelajaran, dan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran agama Islam. Kedua, kompetensi kepribadian mencakup etos kerja produktif dan penghormatan terhadap etika profesi dalam pengajaran agama Islam. Ketiga, kompetensi sosial melibatkan sikap inklusif, objektif, empatik, serta kemampuan berkomunikasi efektif dalam konteks tugas keguruan agama Islam. Keempat, kompetensi profesional mencakup pemahaman mendalam tentang ilmu agama Islam, pengembangan materi yang kreatif dan inovatif, serta upaya berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalisme dalam pengajaran agama Islam.

Visi Program Studi adalah menjadikan lulusan Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam yang unggul, kompetitif, dan profesional dalam mengelola lembaga pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu agama Islam.

Misi program mencakup beberapa langkah strategis, termasuk penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran agama Islam dengan pendekatan berbasis penelitian, mengelola sumber daya manusia yang mampu bertindak sebagai pemecah masalah, dan pembelajar yang kontekstual untuk menjamin mutu. Selain itu, program ini melaksanakan penelitian yang relevan dengan kebutuhan bidang pendidikan dan pembelajaran agama Islam, mengembangkan komitmen dan budaya akademik, serta menjalin pengabdian, jejaring, dan kemitraan dengan berbagai lembaga, baik nasional maupun internasional. Evaluasi berkelanjutan juga menjadi bagian dari misi untuk menjawab kebutuhan pemangku kepentingan.